Jakarta, 25 Mei 2013 – Game  Developer Gathering 2013 kembali diadakan untuk kelima kalinya. Kali ini acara diadakan di Universitas Binus JWC, Senayan, Jakarta. Acara ini diselenggarakan oleh para anggota komunitas Game Developer Indonesia (GameDevID.org). Game Developer Gathering merupakan acara tahunan non-profit dimana penggemar, pemain game dan praktisi dalam industri game bisa berbagi pengetahuan, pengalaman, dan opini dengan tujuan untuk mempromosikan dan mengembangkan industri game di Indonesia. Tahun ini dengan konsep baru, panitia GDG 2013 mencoba mengadakan 3 kelas seminar dalam waktu yang bersamaan, dengan 26 pembicara, serta didukung oleh sponsor besar seperti Blackberry, Microsoft, Intel, Kongregate, Gudang Voucer, serta Casual Connect dan juga dari studio game developer lainnya.

Nightspade pun turut menjadi salah satu pembicara dalam seminar yang diadakan, yaitu kelas tutorial dan workshop. Di kelas ini Dody Dharma, COO dan Programmer mempresentasikan materinya yang berjudul : “Super Fast Game Development on Windows 8”.

x5

Dody menjelaskan tips, trik dan cara tercepat untuk mengembangkan game yang sudah dimiliki dan memportingnya ke Windows 8. Game yang dijadikan contoh adalah game Stack The Stuff. Stack the Stuff sendiri merupakan game physics puzzle yang sudah dirilis di berbagai platform seperti, IOS, Android, Nokia Meego, dan Symbian. Waktu Pengembangan game ini sendiri relatf singkat. Sebagai informasi saja bahwa pemrograman hingga pengujian Stack the Stuff ini memakan waktu kurang lebih dua bulan. Pada dasarnya kelas tutorial dan workshop ini menceritakan tentang kesalahan dan hal-hal teknis yang pernah Nightspade alami dalam proses pengembangan di Windows 8. Diharapkan developer yang ingin mengembangkan game di platform tersebut tidak mengalami kesalahan yang sama sehingga mempersingkat proses pengerjaan. Dody juga menceritakan tentang pengembangan dengan menggunakan HTML5, CSS, JavaScript, Box2D, dan jQuery yang yang diramu di atas tools pengembangan Visual Studio 2012.

x4

Visual Studio 2012 mendukung pengembangan aplikasi untuk windows 8 menggunakan 4 alternatif kombinasi bahasa pemrograman, yaitu C#/Visual Basic dengan XAML, C++ dengan XAML , C++ dengan Direct X serta yang paling menarik adalah Javascript dengan HTML. Tentunya dukungan terhadap HTML dan Javascript ini merupakan berita baik pagi para web developer yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi pada Windows 8.

Dukungan terhadap teknologi HTML dan Javascript ini memungkian para developer menjadi lebih produktif dan dapat lebih fokus terhadap user experience aplikasi.  Dengan HTML, secara otomatis developer lebih mudah untuk  memanipulasi layout dan  tampilan aplikasi memanfaatkan CSS (Cascading Style Sheet). Kemudian dukungan terhadap Javascript memungkinkan developer untuk memanfaatkan library opensource berbahasa Javascript  yang sangat berlimpah di jagat maya. Misalnya developer dapat memanfaatkan jQuery yang sudah sangat populer dalam pengembangan aplikasi web untuk menangani interaksi pengguna maupun animasi-animasi transisi. Contoh lain adalah pemanfaatan Box2D, sebuah physics Engine untuk menangani persoalan simulasi fisika yang sudah sangat populer digunakan dalam pengembangan game. Angry Birds merupakan salah satu contoh game yang memanfaatkan Box2D untuk menangani  simulasi fisika.

 Tidak hanya berpusing-pusing ria di kelas tutorial dan workshop, Nightspade juga mengikuti beberapa seminar lain dan acara networking yang diadakan oleh panitia. Pokoknya seru banget deh acara GDG 2013 tahun ini. Semoga tahun depan diadakan lagi dengan lebih WAH dari segala aspek. 😀 Berikut beberapa foto-foto liputannya.

image

image

image