Pada hari Senin, 18 Maret 2013 sampai dengan Selasa, 19 Maret 2013 kemarin, Nightspade berkesempatan mengisi rangkaian acara kewirausaahaan yang diadakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan juga didukung oleh Microsoft Indonesia. Acara yang diberi nama Gerakan Kewirausahaan Nasional ini merupakan acara puncak dalam rangkaian acara lomba kewirausahaan yang diadakan untuk meningkatkan jiwa wirausaha di kalangan anak muda Indonesia. Disana Nightspade menjadi salah satu motivator dan contoh wirausaha muda yang bergerak di bidang IT, khusunya pengembangan mobile game. Pada acara tersebut lebih fokus kepada perkenalan siapakah Nightspade dan kami pun bercerita tentang perjalanan dari mahasiswa sampai bisa mendirikan sebuah perusahaan. Waktu yang diberikan untuk bercerita juga sangat singkat hanya 1-2 menit saja. Walaupun waktu yang diberikan hanya sedikit, senang rasanya bisa membagi semangat berwirausaha di depan 60.000 pengunjung Gelora Bung Karno yang begitu meriah. Kami pun awalnya cukup tegang karena harus bercerita di depan penonton yang sangat banyak tetapi karena MC-nya gaul dan santai jadi kebawa santai juga.

gkn5

gkn4

Keesokan harinya Nightspade bersama Microsoft Indonesia harus menghadiri acara lagi di dua tempat yang berbeda yaitu gedung SMESCO dan Universitas Trisakti. Sama dengan acara di GKN, acara yang bertajuk Innovate for Good ini pun bertujuan untuk memberi motivasi kepada mahasiswa dan siswa-siswi SMA terhadap peluang berwirausaha di masa muda. Nightspade disana menjadi salah satu panelis yang mewakili Microsoft untuk bercerita tentang perjalanan tim Nightspade melalui masa suka duka mahasiswa, Imagine Cup, mengikuti program YouthSpark, merintis perusahaan, mengikuti program Bizspark, sampai akhirnya merilis game di Windows App Store.

gkn3

Nightspade sangat senang dan bangga karena bisa duduk bersama-sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Bapak Norman Sasono (Technical Evangelist Microsoft Indonesia), dan juga Dr. Akhtar Badshah, Senior Director, Global Community Affairs, Microsoft. Disini Dr. Akhtar juga menjelaskan nilai-nilai wirausaha dimana anak muda yang memiliki semangat yang tinggi pasti mampu untuk bergerak untuk sesuatu yang nyata, from passion to compassion, dari sesuatu yang personal untuk sesuatu yang komunal. Selama ini memang kebanyakan startup muda menggembar-gemborkan passion mereka yang menggebu-gebu, apalagi Nightspade yang bergerak di bidang games, namun apakah dengan passion yang kita miliki bisa menjadi sesuatu yang berguna untuk setidaknya komunitas di sekitar kita. Mungkin pesan ini bisa menjadi pegangan untuk para startup dan wirausahawan muda yang sedang merintis atau mungkin mencari kemana arah usaha dan passion-nya akan berjalan. Namun, jangan lupakan compassion, sesuatu yang bisa kita lakukan untuk masyarakat disekitar kita.

gkn2

TERUS SEMANGAT HAI PEMUDA ! HIDUP DEVELOPER INDONESIA !