Pada tanggal 3 April 2013 - 5 April 2013 kemarin, Nightspade berkesempatan untuk berpartisipasi pada acara Startup Asia yang diadakan oleh Tech in Asia di Singapura. Dengan template acara yang sama seperti di Jakarta, Nightspade lebih fokus ke acara networking dengan membuka booth di area pengembang game. Tidak hanya Nightspade saja yang berpartisipasi, melainkan beberapa developer baik dari Indonesia maupun Asia juga membuka booth di acara tersebut. Developer Indonesia yang ikut berpartisipasi yaitu, Tinker Games, Altermyth, Arsanesia dan juga Rolling Glory. Disana selain networking session ada juga sharing session dan startup arena bagi 20 startup baru yang berkompetisi dan melakukan pitch di depan para investor, pelaku industri, dan juga media. Namun sayangnya Nightspade sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk sekedar meregangkan kaki di acara sharing session, bahkan duduk di area booth pun jarang. Setiap saat harus berdiri dan ‘say hi’ kepada calon investor, klien, kolega, pelajar dan pengembang aplikasi lainnya. Yah bisa dibilang dalam waktu 8 jam harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memperkenalkan Nightspade.

sa6

Selain menghadiri acara Startup Asia, Nightspade juga diundang oleh Microsoft Singapura untuk mampir ke kantor mereka yang terletak di One Marina Boulevard Singapore. Sesampainya di Singapura tanpa berlama-lama kami segera menuju kantor Microsoft untuk lunch meeting. Disana Nightspade bertemu dengan Astrid Tuminez, Regional Director of Legal and Corporate Affairs in Southeast Asia for Microsoft. Audri Tan, Communication Outreach Specialist, Gillian Pearl, Technology for Nonprofits Lead dan Lizzie, National Plans and Executive Communications. Kami membahas banyak hal, mulai dari cerita tentang Nightspade, pembahasan mengenai investor, startup, per-pajakan di tiap negara dan woman entrepreneur di Asia. Setelah makan siang selesai, Nightspade diajak berjalan-jalan ke Microsoft Technology Centre yang berada di sana. Kalian bisa lihat dari foto-foto yang kami dokumentasikan untuk melihat kecanggihan dan keindahan kantornya :D Semoga Nightspade nantinya bisa punya kantor yang senyaman, seindah dan secanggih ini.

image

sa4

sa3

Hari berikutnya setelah acara Startup Asia selesai, Nightspade diundang untuk bertemu dengan Alvaro Celis, Vice President Asia Pacific Microsoft. Awalnya saat diberitahu akan bertemu dengan Alvaro, tegang sekali rasanya. Harus ngobrol apa ya nantinya 😀 Tetapi, ternyata Alvaro sangat ramah, tidak seperti yang kami bayangkan. Kami mengobrol dengan santai dan menyenangkan. Topik yang dibicarakan juga tidak jauh-jauh dari industri game, startup, game Stack The Stuff di Windows 8, dan sebagainya. Alvaro juga tertarik dengan beberapa komunitas wanita yang bergerak di bidang teknologi baik yang berada di Indonesia maupun di Singapura, seperti IDgeekgirls dan Singapore Geek Girls. Alvaro dan Audri juga memberi beberapa tips and trik membangun bisnis dan relasi bagi sebuah startup seperti Nightspade. Mungkin untuk detail-nya nanti bisa ngobrol-ngobrol dengan kita 😀 Pokoknya menyenangkan dan inspiratif sekali perjalanan kami ke Singapura. Sekali menyelam dua dan tiga pulau terlampaui lah yaa 😀 Sekian cerita perjalanan kami di awal bulan April kemarin, semoga dapat memberi semangat bagi para startup untuk terus mencari peluang dalam membuka networking seluas-luasnya.

image